Apply Beasiswa Selandia Baru – Gagal Bukan Berarti Kalah

Aku pengen share tentang pengalaman pertama kali melamar beasiswa AAS (Australia Award Scholarship) , NZS (New Zealand Scholarship) dan LPDP BIT beserta seluruh form application yang kalian bisa gunakan for free sebagai acuan dari kegagalan. Maksudnya bukan buat gagal tapi untuk mencegah mengulangi kesalahan yang sama wkwkwkkw. Sengaja aku bikin post ini agar teman-teman yang ingin ikut bisa mempersiapkan semaksimal mungkin terutama buat putra putri Indonesia Timur agar tidak terlena karena sudah menjadi salah satu prioritas pada beasiswa tersebut. Post ini juga aku buat sebagai reminder supaya hidup aku gak terkesan yang indah-indah semua, pasti ada kegagalan yang harus aku alami dan pelajari.

Sebelum memulai aku mau memastikan kalian sudah punya subject untuk melanjutkan magister, karena jika kalian fokus akan memudahkan pemilihan jurusan dan universitas terutama buat newbie. Semoga aku bisa bahas ini di post yang lain ya, supaya semua info bisa tersusun dan mudah dimengerti.

Pertama-tama aku mau ucapkan Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT. karena telah membimbingku serta memuluskan semua jalanku hingga sejauh ini karena untuk bisa apply saja, aku butuh persiapan strategi dan eksekusi yang cukup lama yaitu dimulai dari tahun 2013 semenjak aku tahu ada beasiswa NWZ lewat Bang Fuadi (Negeri 5 Menara). Alhamdulillah atas segalanya termasuk pengalaman kuliah di ITB. Thing that i never expect before.

Kedua, terimakasih papa yang telah percaya dan mengizinkan kuliah di kota antah berantah. FYI,seumur hidup aku belum pernah pergi ke Bandung dan tiba2 harus datang kesana dengan keadaan gak tahu jalan, tanpa teman atau saudara dan koper yang berat sedangkan besoknya aku harus ketemu penyelia ITB untuk verifikasi pendaftaran dan tes. Unforgatable moment lah sampe hampir kesasar ke Caringin wkwkwkkw. BONEK abizz (*Bondo nekat) . Enough with the pep talk. Aku mulai  ya.

New Zealand Scholarsip

Atau bisa disebut NZS adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Selandia Baru. Biasanya beasiswa ini disosialisasikan pada New Zealand edu fair di kota Jakarta dan Surabaya setiap tahunnya. Pada tahun 2016, aku sempat mengikuti edu fair di Grand Hyatt Jakarta dan dapat info lengkap mengenai beasiswa NWZ serta university requirement alias persyaratan masuk universitas. Paling tidak ada sekitar 350 pelamar tiap tahun sedangkan pada intake tahun 2017-2018 hanya terdapat 60 beasiswa yang tersedia untuk pelamar dari Indonesia. Untuk lengkapnya, Kalian bisa langsung cek pada alamat web langsung https://www.mfat.govt.nz/en/aid-and-development/scholarships/who-can-apply-for-a-scholarship-3/indonesia-scholarships-2/
Sengaja aku berikan alamat url nya karena alamat URL ini bisa berganti tiap tahun sesuai perubahan sistem. Kalian juga bisa bertanya langsung mengenai detail persyaratan ke PT. Scope Global Nusantara sebagai penyelia beasiswa karena di website new Zealand persyaratan tidak diinformasikan dengan lengkap. Aku sarankan kalian bertanya tentang info kuota dan persyaratannya, karena tiap tahun persyaratannya bisa berubah. Misalnya pada tahunku yang meminta IELTS band 6, sedangkan pada tahun sebelumnya tidak ditargetkan nilai IELTS minimal. Inilah yang menjadi faktor kegagalanku tahun lalu karena IELTS ku baru mencapai 5,5.

Oh iya, Semenjak tahun 2016 aplikasi beasiswa sudah bisa dikirimkan secara online jadi tidak perlu mengirimkan form pendaftran ke panitia. Kemudian di tahun 2017 aplikasi pendaftaran ditutup pada bulan Maret tanggal 15, 1 bulan lebih cepat daripada tahun2 sebelumnya.

Di NZS ini ada 10  kampus yang ditawarkan jadi sebisa mungkin kalian sudah memiliki konsentrasi jurusan yang ingin yang diambil dan mulai review kampus dengan jurusan yang ada. Dari pengalamanku, jurusan magister yang ditawarkan diluar negeri itu banyak dan memiliki konsentrasi yang berbeda sekalipun nama jurusannya mungkin sama dengan jurusan yang kita tuju, bisa jadi ilmu yang ingin kita peroleh terdapat di jurusan lain. Jadi pilihlah dengan teliti melalui course yang ditawarkan pada jurusan tiap universitas. Nah, kalau kalian udah tahu jurusan dan university yang dituju, gak ada salahnya mencoba dapatin LoA universitas tersebut karena dengan LoA kesempatan lolos beasiswa juga lebih besar. Apalagi untuk dapetin LoA di New Zealand ternyata cukup mudah karena hanya memerlukan berkas-berkas terjemahan yang dibutuhkan kampus dan bisa dikirim secara online serta GRATIS. Aku sendiri udah nyoba apply mandiri ke Waikato University dengan nilai IELST seadanya dan direspon hanya dalam waktu 2 minggu hingga mendapat LoA Conditional. Mungkin di kampus-kampus yang lain akan butuh waktu yang agak lama karena aku dengar admission di Waikato University tergolong responsive alias cepet tanggap, berbeda dengan kampus lainnya. Bila kalian merasa masih banyak yang ingin ditanyakan, misalnya kehidupan di kampus, kalian bisa bertanya saat new Zealand edu fair diselenggarakan.  Dibawah ini adalah daftar kampus yang bekerjasama dengan NZS

  1. Auckland University of Technology
  2. Lincoln University
  3. Massey University
  4. Unitec Institute of Technology
  5. University of Auckland
  6. University of Canterbury
  7. University of Otago
  8. Victoria University of Wellington
  9. University of Waikato
  10. Manukau Institute of Technology

Semua application guidance,  eligibility, priority sector dan selection preference buat Indonesia sudah dijelaskan dengan rinci di website www.mfat.govt.nz . Mungkin agak memusingkan bagi yang bahasa Inggrisnya masih lemah, tapi lebih baik kalian mulai belajar membaca karena secara tidak langsung bisa melatih skill reading. Jika kalian ingin tahu lebih banyak dari awardeenya, kalian bisa kepo-in blog mbak pipit disini .

Setelah lolos beasiswa ini, kalian akan mendapatkan training bahasa Inggris di IALF Surabaya untuk memenuhi requirement universitas yang kalian tuju dengan cakupan batas maksimum sesuai kontrak beasiswa. Kalaupun nilai IELTS kalian mencukupi, kalian masih harus menjalani training selama 3 bulan untuk pengenalan bahasa dan budaya. Biaya training akan ditanggung pihak penyelenggara beasiswa dan juga ditambahkan uang saku bulanan. Untuk tata cara pendaftarannya aku buat dipostingan lain. Semoga bisa secepatnya ya 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s