Go With The Flow – Part 1

6 tahun lalu, kuliah adalah kata paling asing ditelingaku. Maksudku bukan aku tidak tahu kuliah itu apa, tapi aku sama sekali tidak memiliki impian pun target untuk memasuki jenjang ini hingga kemudian melaju berkejaran dengan beasiswa S2. i’m officially a schoolarship hunter now!

Dulu aku bersekolah di salah satu SMK favorit di Kota Malang, kabarnya alumni dari sekolah ini cepat terserap di perusahaan baik besar maupun kecil. Inilah yang membuatku berusaha keras untuk lolos dalam seleksi pendaftaran. Sekalipun agak kecewa karena tidak berhasil masuk di jurusan yang aku inginkan yaitu multimedia. Dengan dorongan (atau bisa juga disebut paksaan dilematis) akhirnya kuputuskan untuk melanjutkan di jurusan yang mau menerimaku, Persiapan Grafika.

Tahun 2008, masih segar diingatanku ketika lulus SMK, aku terpaksa mengikuti ayahku untuk tinggal di Maluku Utara. Jauh dari rencanaku untuk tinggal secara mandiri setelah sekolah dengan bekerja. Tawaran bekerja di Bali terpaksa aku tolak karena Ayahku sudah terlanjur datang menjemput.

Di Ternate aku sempat bekerja sebagai kasir sebuah minimarket selama beberapa minggu kemudian resign setelah diterima di kafe internet. Awalnya aku kira bakal bekerja sebagai operator warnet karena lowongan yang tertera mencari OP apalagi aku sangat ingin bekerja dekat dengan komputer sehingga bisa sambil belajar. Namun kenyataanya aku malah dipekerjakan sebagai waitress kafe internet. Anyway. at that time, i dont know how to cook sedangkan aku juga bertugas membantu chef di dapur. One of my hillarious moment
Karena OP yang pertama resign, aku ditawari untuk mengantikannya namun aku merasa tidak memiliki kemajuan yang signifikan sehingga aku memutuskan untuk pulang ke Madapolo.

Hampir 2 tahun aku tinggal di Desa Madapolo bersama Ayahku dan Adiku. Ayahku menginginkanku untuk kuliah, tapi aku tidak yakin dengan kestabilan finansial ayahku sehingga akupun menolak.
Aku mungkin bukan anak yang terbaik, tapi hanya Ayah yang aku miliki dan mengecewakannya bukanlah hal yang aku harapkan dalam hidup ini. Aku putuskan untuk mencoba melamar di perusahaan tambang Nikel di Kawasi sehingga bisa menabung untuk biaya kuliah nanti.

Sekalipun dekat, namun untuk menuju ke Kawasi tidaklah mudah karena transportasi yang belum memadai. Saat itu setidaknya harus menggunakan 2 moda angkutan untuk menuju ke Kawasi dengan biaya yang cukup mahal belum lagi jadwal kapal longboat yang tidak tetap. Pernah sekali aku mau pulang ke Madapolo karena sakit, kemudian aku ditawari naik speed boat ke Laiwui untuk transit kapal kayu ke Madapolo. Sayangnya kapal ke Madapolo baru berangkat esok hari sehingga aku harus bermalam sendirian di kapal.
Mungkin tidak menjadi masalah tidur di kapal sendirian tapi kemudian datang 3 pemuda mabuk yang tahu aku berada di kapal sendiri dan mencariku. Mereka menggedor tiap kamar di kapal. Malam yang mengerikan kalau bisa dijabarkan. Aku tinggal di salah satu kamar yang ditawarkan oleh ABK untuk istirahat, sayangnya kaca jendela kamar tidak tertutup dengan baik sehingga bila kakiku berselanjar, orang bisa melihatku melalui jendela. Karena terlalu ketakutan, aku putuskan untuk bersembunyi dengan menekuk semua tubuh dan merangkul erat ransel di sudut kamar sebelah lemari sehingga mereka tidak bisa melihatku dari jendela. Hari itu aku terjaga semalaman. Esoknya aku sampai dirumah tanpa menceritakan apapun pada keluargaku 🙂

Setalah 3 bulan di Kawasi, aku belum juga mendapatkan penawaran kerja dan hampir kehabisan uang hingga tiba2 temanku di Ternate menghubungi untuk menawari kerja di media lokal.
Selang 3 bulan di tahun yang sama aku mulai bekerja, di tahun itulah aku mulai kuliah.Aku mengambil jurusan Teknik Komputer, jurusan yang sangat aku idamkan semenjak sekolah dulu. Ayahku sebenarnya ingin menunda tapi aku bersikeras dan sedikit mengancam. Tahun ini atau tidak sama sekali!

To be continued
*kalo lagi mood :p

Leave a Reply

