Tes TPA dan ELPT Pertama (Sedikit tips dan trik)

Halo semua, wah udah lama gak posting perkembanganku selama kuliah D4. Jadi dimulai dari paling terkini aja kali yah.. yang kemarin2 di buat postingan tersendiri

Udah lama ya semenjak postingan gaje terakhir ..banyak yang mau di ceritain tapi udah lumayan sibuk juga bulan bulan ini yang udah memasuki akhir perkuliahan jadi sibuk ngebut Tugas akhir. wuahahahuaua….
to the point aja lah yah ngobrolnya
Jadi tahun ini Alhamdulillah ada pengumuman beasiswa dari Program Beasiswa Unggulan BPKLN beserta Kantor SEAMES & SEAMOLEC untuk S2 opsi TMDG. Nah untuk lanjut S2 beberapa persyaratannya ialah tes TPA dan ELPT dengan masing2 skor yang dibutuhkan.  2 tes ini adalah tes maut yang harus dihadapi para pengejar calo magister dan doktor ITB.
Nah, kebetulan kemarin aku habis ngambil tes TPA sama ELPT untuk pertama kali dan aku mau cerita sedikit tips menghadapi 2 tes maut tersebut.

ELPT
Apa asih ELPT itu, ELPT itu bla bla bla.. i dont know what what .. pusing mereun ;p
Yang jelas lebih mudah daripada TOEFL tapi lebih susah dari TOEIC. wah gimana itu lagi..TOEIC sama TOEFL? pasti banyak lah web yang jelasin apa itu TOEIC dan TOEFL dan apa perbedaanya.
ELPT sendiri ialah penilaian standar penguasaan bahasa Inggris yang diterapkan sama ITB dan Unair karena itulah ELPT baru ada di dua kampus tersebut. ELPT bisa juga disebut prediction Test dari TOEFL hanya badan penyelenggaranya bukan dari ETS dan tujuannya penggunaan hasilnya juga berbeda. Terdapat konverensi penilaian tersendiri nilai ELPT ke TOEFL yang bisa dilihat di web blognya mas Iqbal disini.
Terus mengenai badan2 penyelenggaranya aku gak tau yah.. yang jelas pendaftaran di ITB bisa melalui online di http://www.lc.itb.ac.id/ atau datang langsung ke kantornya dengan membawa identitas diri, alamat email dan no yang bisa dihubungi dengan biaya Rp. 75.000 (tahun 2016). Kantornya terdapat di gedung CADL sebelah gedung SBM (depan parkiran atas sabuga). Jadwal tesnya bisa disesuaikan kok, karena hampir setiap minggu ada cuma ada batas pengambilan tes untuk tiap peserta, kalo gak salah tiga – lima kali. Setelah itu harus nunggu jeda beberapa minggu/bulan untuk tes lagi Jadi pastikan sebelum batas tersebut kalian udah dapat skor yang diinginkan.Kemudian buat kalian yang berbuat curang selama tes akan di larang ikut ELPT selama beberapa tahun di badan tersebut. Info jelasnya bisa ditanyakan pada petugas.

ELPT terdiri dari 200 soal (seingetku), yaitu listening, structure dan reading. Dibilang susah ya susah, dibilang gampang ya gampang..kok gitu ya? 200 soal itu kalo ga salah dikerjakan sekitar 2/3 jam dan tempo listeningnya juga lumayan cepet (jadi harus banyak latihan listening).
Terus structure-nya ya sama seperti di TEOFL atau TOEIC. harus paham grammar (nah loh, bahasa Indonesiaku aja acak2an structurenya)
Tips dari web lain sih kalo mau jawab soal listening, pahami dulu pertanyaanya, atau lihat kata akhir yang digunakan di pertanyaanya sembari dengerin audio nya.. tapi ternyata susah2 gampang buat praktek, kenapa? selain temponya lumayan cepet (buat yang gak biasa ya) tapi ada pertanyaan logika juga! hahaha..

Poin sederhana untuk memecahkan soal cukup mudah kok
– untuk listening dan structure banyak2 latihan dari buku
– untuk reading pahami struktur kalimat, penggunaan frasa dan perbanyak academic vocab. Hasil yang kalian capai tergantung jam terbang kalian dalam belajar dan membiasakan diri dengan kalimat-kalimat dalam di TOEFL
– masukan dari pengalaman temenku kemarin buat kalian yang mau tes ELPT pertama kali, JANGAN HANYA BELAJAR TENSES DASAR. Soal ELPT bukan soal bahasa Inggris buat anak SMP!
-kalau kalian ingin les praktis bisa ke lembaga kursus untuk latihan soal TOEFL ITP atau kalian bisa ikut Sekolah TOEFL dari Budi Waluyo yang dibuka tiap beberapa bulan sekali dengan biaya gratisss

Btw ELPT ini lebih mudah daripada TOEFL ITP jadi buat yang TOEFL ITP-nya udah diatas 500 insya Allah bisa mlewati ELPT ini tanpa kesulitan.Kalian bisa belajar materi TOEFL dari buku atau soal yang bertebaran di internet

TPA
Ini nih yang bikin deg deg seer. kok bisa coba?.. setelah lihat contoh soal TPA yang pernahku download dari web antah berantah ternyata susah banget menaklukan soal matematikanya. kok matematika.. yang bahasa sama logika juga susah kok. Tapi tenang wahai saudara2 ku..ada hack tips nya kok, tapi sebelumnya aku jelasin dulu ya TPA itu apa.

TPA itu semi dari tes IQ yang hanya boleh diselenggarakan oleh OTTO Bappenaas. Di kantor Bappenasnya sendiri TPA dilakukan selama 2 kali dalam sebulan di antara Sabtu dan Minggu. Kadang bisa diadakan diluar kantor jika peserta tes melebihi 35 orang atau kerjasama dengan instansi yang ingin menyelenggarakan. Biaya tesnya Rp 325.000 sekali tes.
Biasanya sih untuk masuk program pasca sarjana udah diadain dari pihak kampusnya jadi ga perlu ribet ke Jakarta.

Untuk mengikuti tes nya (di Jakarta) bisa daftar secara online. Ketentuan pendaftaran dan jadwal bisa dilihat di web berikut, sebelumnya ngirim surat pendaftaran lewat fax atau email terus kesana tinggal tes aja dan bawa berkas2 yang kurang untuk dilengkapi. Setelah ujian hasil TPA akan dikirim ke alamat peserta atau diambil di kantor Bappenas.

Terdapat 250 soal yang dikerjakan dalam waktu 3 jam, setengah jam pertama diawali dengan penjelasan tentang tes (misalnya pengisian nama .tata cara menjawab dll) jadi total waktu yg diberikan adalah 3,5 jam.
Soal dibagi menjadi tiga bab dengan warna yang berbeda tiap bab-nya serta disegel, jad hanya boleh mengerjakan satu bab pada waktu yang ditentukan dan dilarang membuka bab yang lainnya atau sangsinya dikeluarkan oleh petugas.
Inget ya, tidak diperbolehkan membuka bab yang lain saat diberikan waktu untuk mengerjakan bab yang lain, misalnya saat kalian disuruh untuk mengerjakan bab warna merah dilarang banget untuk mengerjakan bab biru ataupun hijau sekalipun bab yang dikerjakan telah selesai atau bab sudah terlewati sehingga segel sudah terbuka.

Nah pasti banyak yang pengen belajar dari buku ya? aku sendiri belum ada rekomendasi buku untuk belajar tes TPA karena setelah review dari beberapa blog dan soal yang pernah kulihat jawaban dan soalnya banyak yang ngaco.Tapi kalau beneran pengen belajar jangan belajar dari buku TPA lama karena model soal2nya udah banyak yang berbeda.
o iya, pastikan kalian belajar matematika dengan hitungan cepat karena matematika di TPA sebenarnya cukup mudah jika kalian tahu rumus efektifnya.

250 soal TPA nanti terdiri dari bahasa, hitungan dan logika yang harus dijawab satu soal dalam 1 menit. Konon katanya yang nilainya tinggi di TPA ini adalah seorang dewa, jenius sebutan lainnya, Bahkan salah satu dosen yang kuliah S3 di luar negeri dulunya mengulang lebih dari 3 kali untuk lolos tes ini pas mau ngambil S2 di ITB.
Kok jadi nakut2in gini ya hahaha..padahal aku cuma ngambil dua kali buat lolos nilai minimum untuk S2 ITB (bukan nyombong, supaya kalian gak parno aja. inget TPA bukan alat ukur kecerdasan)
aku bantu deh gimana cara lolos nya

Hack tips
1. Kerjakan dulu yang kamu bisa
2. Pass/lewati soal yang kamu ga yakin bisa
3. Pass /lewati soal yang kamu bener2 ga bisa
4. Jangan berhenti di satu soal lebih dari 1 menit (or u just kill urself early)
5. Setelah selesai poin ke 1 kerjakan soal yang kamu ga yakin bisa ataupun bener2 ga bisa dalam 1 bab.
6. Jawab ngasal aja soal yg kamu ga bisa, saranku sih pilih satu opsi aja untuk semua jawaban karena peluang benarnya lebih besar daripada opsi acak. Berkat cara ini salah satu temenku yang udah 2 kali tes akhirnya lolos dengan nilai 500 lebih di tes-nya yang ke 3.(termasuk aku juga sih LoL)
7. Pastikan semua jawaban sudah kalian isi dan jangan meninggalkan jawaban kosong. sekalipun tidak ada nilainya tapi setidaknya kalian harus tetap berusaha.

okeeh. Good luck buat yang mau ikut tes TPA dan ELPT nya ya 😀

note: sebelum ada yang bertanya mengenai beasiswa S2 Seeamolec opsi TMDG perlu diketahui bahwa penulis telah mundur dari program beasiswa S2 ini karena alasan pribadi

Advertisements

5 thoughts on “Tes TPA dan ELPT Pertama (Sedikit tips dan trik)

    • banyak latihan soal2 TOEFL prediction test, pakai bukunya longman yang sudah saya kasih juga bisa.Kuncinya sederhana, pahami tipe soal
      ELPT sebenarnya cukup mudah kok.
      kalau emang sudah mentok bisa ikut Sekolah TOEFL yang dibuat oleh kak Budi Waluyo. Kebetulan sya sedang ikut kelasnya untuk batch 8. semangat ya. jangan menyerah 🙂

  1. Maaf saya mau tanya kak, kalau untuk tes tpa ke 2 nya itu kita tetap membayar 325rb lagi ya?
    Apakah kakak dlu ikut tes yg ke 2 setelah pengumuan masuk itb, atau sebelum pengumuman masuk itb nya?

    • iya, untuk tes ke dua dan seterusnya bayar lagi 325 ribu.
      kebetulan di program beasiswa yang saya ikuti memiliki jadwal tersendiri untuk masuk s2 ITB baik dalam pendafatran ataupun TPA, jadi tes TPA nya molor setelah batas pendaftaran masuk ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s