Menuju ITB

Hallo!!!

Disini aku mau cerita2 tentang arah ke ITB Dago dari beberapa transportasi yang udah aku uji coba. Selain murah meriah dan insyaAllah efektif. Aku bagi dengan dengan dua opsi yaitu dari luar kota dan Terminal atau stasiun di Bandung Simak ya 😉

Dari Jakarta / Tangerang Selatan ke Bandung
Travel

Nah, kalo dari Jakarta sih lumayan banyak lah. Bisa naik Bis atau Travel yang shuttlenya lewat “daerah” deket ITB. Tergantung kaliannya mau start dari Jakarta mana. Ada Baraya travel, Cipaganti Travel, X-Trans,Bimo Trans dll. Ada travel yang ngasih potongan harga jika kalian memiliki kartu pelajar ataupun menjadi membership.
Anyway, karena aku dulu magang di kompleks Universitas Terbuka Tangerang Selatan, aku pernah naik travel Bimo yang shuttlenya ada di gaplek Giant (map) deket UT dan nyampe di Bandung lumayan cepet sih daripada naik Bis, aku turunya di perempatan Tamansari deket flayover karena kosanku di Bandung ada di daerah situ. Harganya sekitar Rp.100.000 (tahun 2014)
Bis
Kalo ada yang pengen nyoba naik Bus ya bisa langsung ke terminal terdekat, Setauku sih Bis Jakarta/ Tangerang Selatan ke Bandung hanya di provide Prima jasa aja. Jadi harganya ga kompetitif hahaha. Dulu aku bayar sekita 70 ribu dari Jak-sel ke Bandung (turun di Laiwui Panjang). Jika lalin lancar biasanya aku berangkat jam 10 pagi dan sampai sekitar 3-5 sore di Bandung.
Karena aku magang di Tangsel, aku harusnya ke Lebak bulus (Jak-sel) dulu baru naik bis Primajasa ke Bandung tapi karena poolnya Primajasa ada yang dekat (map), aku lebih milih langsung naik darisana supaya ga nungguin di jalan dan bisa bebas milih seat sekalipun bis nya lebih sering sepi daripada rame. Seingetku jam terakhir bis Primajasa dari Jakarta ke Bandung sekitar jam 3 Sore jadi kalo udah diatas jam 3 Sore mending ambil travel.
Bis Jakarta- Bandung relatif mahal daripada Jakarta-Tasikmalaya padahal Tasikmalaya masih lebih jauh daripada ke Bandung. Ada alternatif lain jika kalian pengen lebih murah yaitu naik bus Jakarta – Tasikmalaya dan turun di tol deket buah batu Bandung. Tapi karena aku belum nyoba jadi gak berani rekomen dulu 🙂
Kereta Api
Karena jaman sudah canggih, pasti kalian yang dari Jakarta udah biasa sama namanya reservasi tiket kereta api yang umumnya nangkring di Stasiun Gambir dekat dengan monas.Yup, its Argo Parahyangan yang beroperasi dari pagi jam 5 hingga 8 malam dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Harga bisa dicek  di web  KAI.
Sebenarnya ada yang lebih ektreem lagi sih kalo kalian pengen hemat dan gila disaat bersamaan. Naik kereta api lokal dari Jakarta Kota ke Purwakata, cuma 8 ribu, kemudian lanjut dari Purwakarta ke Bandung naik Argo Parahyangan. Aku nunggu sekitar 15 menit buat transit ke kereta ini. Kalian beli tiketnya di stasiun Purwakarta ya, karena harga tiket-nya turun jadi setengah harga dari harga sebenarnya jika keretanya sudah OTW dari Jakarta. Kemarin itu aku dapat sekitar 45 rbuan kelas eksekutif. Lumayan lah dan pemandangan sepanjang jalan juga sangat keren.
Kalian ga bisa transit kereta api Cibatu ke Bandung dari Purwakarta karena karena kereta ini udah berangkat 5 menit sebelum kereta api lokal dari Jakarta nyampe. wkwkwkwkw.. kan sengaja banget KAI-nya.
Nah kalo dari Bandung ke Jakarta lebih gampang lagi. Naik kereta api Cibatu dari stasiun ST.Hall Bandung konter selatan ke Purwakarta, terus dari Purwakarta naik kereta api lokal lagi ke Stasiun Jakarta Kota. Abis 22 ribuan lah buat perjalanan ini.Cuma perjalanan ini bakal menyita waktu karena kereta api lokal sering berhenti di beberapa stasiun dan jarak antara jadwal sampai kereta api Cibatu dengan jadwal keberangkatan KA Lokal dari Purwakata – Jakarta kota adalah 2,5 jam, sangat ga rekomen buat kalian yang diburu waktu.

Dari Bandara  Soekarno – Hatta Cengkareng Jakarta: Ada banyak alternatif dari Bandara Soetta ke Bandung  salah satunya naik travel Cipaganti yang punya shelter dekat ITB, yaitu di simpang Dago. Harganya sekita 120 ribu. Setelah itu  bisa langsung naik Dago-Kelapa/Dago -Stasiun ke arah selatan turun di depan jalan Ganesha bagian timur ( RS Santo Borromeus)

Dari Bandara / Stasiun  dan Terminal Bandung ke ITB

Dari Bandara Husein Sastranegara Bandung: Jalan ke arah selatan sekitar 500 meter akan terdapat jalur kereta api dan halte Garuda lalu naik angkutan Caringin – Sadang Serang warna biru-hijau yang akan turun didepan kampus ITB Dago

Buat yang naik Kereta Api via St Hall : Stasiun KA Bandung atau dikenal dengan St.Hall punya 2 counter. Ada bagian Selatan dan bagian Utara, kalau mau langsung ke ITB kalian ambil stasiun utara lalu naik angkutan jurusan Cisitu – Tegalega warna ungu kemudian turun di Kebun Binatang di Tamansari, bagian barat jalan Ganesha alias jalan ke gerbang utamanya ITB. Kalian akan lihat gedung BNI cabang ITB di jalan utamanya.
Oh iya, biasakan nanya sebelum naik angkutan ini karena terkadang angkot jurusan Cisitu – Tegalega ini ada yang melewati stasiun untuk berputar bukan ke arah ITB
Kalau terlanjur keluar dari selatan (yang ditandai dengan monumen kereta di depan gerbangnya) harus jalan kaki ke arah Timur lalu naik Dago – Stasiun warna Hijau strip orange nanti bakalan turun di jalan Ganesha bagian timur. Bisa juga naik Cisitu – Tegalega

Buat yang naik Kereta Api via St Kiara Condong: jalan dulu keluar stasiun (sebelah kiri gerbang masuk) lalu naik angkutan putih jurusan Riung – Dago. turun di Simpang McD lalu lanjut naik Dago-Kelapa atau Dago -Stasiun ke arah selatan turun di RS Boromeus

Buat yang naik bis dan turun Cicaheum Kalian bisa naik angkot hijau strip oranye (mobil kijang) jurusan Cicaheum – Ciroyom terus turun di Mc’D Simpang Dago oper lagi naik Dago – Abdul Muis (Kebon Kelapa) atau Dago – StHall (Stasiun) ke arah selatan. Ga enaknya, jalur angkot Cicaheum biasanya padat, dan jalurnya lumayan jauh
Taksi emang lebih efektif tapi mahal, apalagi kalo kalian perginya sendirian. kalopun terapaksa naik blue bird aja, katanya temen2ku lebih terpercaya.Taxi Online/Gojek bisa juga jadi pilihan 🙂

Buat yang naik Bis Kramat Djati : kenapa aku bilang Kramat Djati? pool-nya deket dan juga lebih efektif buat ke ITB. Dari jalan Ambon (Poolnya Kramat Djati) pergi ke jalan Seram ke arah Kodim (bagian Barat jalan Ambon) nah dari situ naik angkutan jurusan Dago – Abdul Muis (Kebon Kelapa) warna mobilnya hijau strip orange ke ITB (inget buat nanya dulu sebelum naik, daripada supirnya sewot gara2 kita salah ambil jurusan)
nanti turunnya di jalan Ganesha bagian timur.

Dari Lewui Panjang Kalau turun di terminal Lewui Panjang bisa naik DAMRI ke arah Dago. jam operasi 7 pagi sampai 4 sore jadi kalo malem terpaksa naik Go-jek. Untuk tarif angkutan kota relatif jarak yang ditempuh dan harga BBM sekarang.

Buat yang deket tapi harus nginep di bandung
Yang punya sodara di Bandung sih enak yah bisa numpang, tapi kalo enggak punya?

Dari hasil review dan Googling kemarin aku nemu Dago Inn, murah bingit sangking murahnya banyak backpaker yang rekomended beud… sayangnya ini khusus cewek dan jam malam berlaku ketat di penginapan ini.

Ada Wisma Dago (sekitar 350rebu/malam) tapi deket bingit ma ITB, kalo deket stasiun ada Hostel By Moritz, kisaran 175 rebu ke atas…backpaker bulenya banyak dan free wifi 😀
banyak banget lah tinggal googling aja

Buat yang asalnya jauh dan bawa koper berat:
Temenku bilang kereta api lebih murah, tapi kenyataanya malah lebih murah bis (pokoknya bukan bulan puasa) jadi review harga transportasi sebelum ke Bandung beserta jarak dan kemudahannya menuju ITB

Kereta Api kelas ekonomi yang murah, turun jauh dari pusat Bandung yaitu di Kiara Condong dan harus oper dua kali kalau mau ke ITB

Jika kalian terlanjur bawa koper dan gak jelas mau nginep dimana aku saranin naik kereta api. Di stasiun Bandung (st.Hall) bagian Utara ada Tourist Information Center (tepat di depan ATM BNI) di sana ada persewaan loker dan kalian bisa nitip koper sampe beberapa hari. Gak tau deh bukanya jam berapa. Kemarin aku nunggu sampe jam 9 pagi tapi belum buka, terus satpamnya kasihan liat aku nungguin 2 jam jadi mau dititipin koperku (makasih pak satpam, lop u full)

Kalaupun udah terlanjur lewat pintu Selatan, gak mungkin kalian muter stasiun buat balik ke bagian selatan karena jauh. jadi beli tiket jurusan padalarang (rekomen dari blog yang aku baca) supaya bisa masuk bali ke dalam stasiun terus pindah de stasiun selatan

Jujur ya penginapan itu mahal, mengingat aku juga gak bisa bolak balik dan sekalian nunggu pengumuman yang mungkin bisa 1 mingguan gak mungkin aku nginep di sana. apalagi Wisma Dago yg deket ITB mahal jadi aku mbolang ke daerah taman hewan (di bagian barat ITB, daerah Kebun Binatang Bandung) nyari kosan. harganya relatif murah buat satu bulan. Aku sendiri dapet yang emapt ratus  rebu (temenku juga bilang kebanyakan kos harganya segitu tergantung fasilitas)

BTW di taman hewan ini ada jalan pintas ke Ciwalk :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s